Xavi: Mourinho Bukan Inovator


Xavi Hernandez, gelandang elegan Barcelona, mengatkan Jose Mourinho tidak akan tercatat dalam sejarah sepakbola karena bukan inovator.

"Saya tidak membantah jika dia pelatih besar, tapi dia tidak akan masuk dalam sejarah sepakbola. Dia tidak akan dikenang," ujar Xavi kepada wartawan Spanyol.

"Untuk tercatat dalam sejarah, seseorang harus memperkenalkan sesuatu yang baru; sistem bermain, metode latihan, atau gagasan-gagasan segar," demikian Xavi.

Menurut Xavi, Mourinho tidak akan bisa menyejajarkan diri dengan Arrigo Sacchi, Sir Alex Ferguson, dan Johan Cruyff. Bahkan, menurutnya, Mourinho tidak bisa dibandingkan dengan Pep Guardiola.

"Guardiola mendesain ulang sepakbola, sesuatu yang pernah dilakukan Sacchi dan Cruyff, dan sedang dijalankan Alex Ferguson," kata Xavi.

Mourinho, masih menurut Xavi, memenangkan gelar bersama Chelsea dan Inter Milan. Namun, tidak membawa sesuatu yang baru.

Xavi tampaknya melupakan satu hal. Mourinho membangun dirinya di Porto, sebuah tim tanpa bintang. Ia menyulap Porto menjadi tim juara di liga domestik dan Liga Champions.


0 Responses So Far:

Sob,boleh gak kalo gw minta komentar kalian?