Kami Dukung Timnas, Bukan PSSI


Jakarta - Dukungan terus mengalir bagi para pemain timnas dan pelatih Indonesia usai kekalahan dileg pertama final Piala AFF. Sebaliknya, kritik tak henti-hentinya dialamatkan kepada PSSI.

Firman Utina dkk menelan kekalahan 0-3 saat bertandang ke stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (26/12) kemarin. Namun, usaha dan perjuangan para pemain tetap patut dihargai, termasuk sikap pelatih Alfred Riedl yang konsisten menjaga disiplin dan mental anak asuhnya.

Di sisi lain, PSSI terus didesak agar melakukan evaluasi diri. Agenda-agenda nonkteknis yang bisa menganggu konsentrasi pemain perlu dihentikan. Jangan ada lagi eksploitasi terhadap pasukan Merah Putih.

"Kami dukung timnas, kalau PSSI tidak. Dari dulu Aremania bersuara lantang, kinerja PSSI perlu diperbaiki," kata korwil Aremania wilayah Klayatan, Rusmanaji, saat berbincang dengan detiksport, Senin (27/12/2010).

"Kemarin Nurdin (Nurdin Halid-ketum PSSI) minta restu Aburizal Bakrie. Saya rasa nggak perlu begitulah, nggak perlu kaya gitu. Sejak dulu kita selalu bersuara lantang soal PSSI," tambahnya.

Terhadap Nurdin, Aremania juga sudah sering melakukan kritik. Puncaknya, aksi turun ke jalan pernah dilakukan suporter Arema Indonesia itu saat Nurdin ditahan karena kasus korupsi minyak goreng.

"Saya yang mimpin demo ke PSSI waktu dia dipenjara. Harus mundur!" lanjutnya.

Lariko Ranggamone selaku Ketua Harian The Jakmania juga berharap PSSI bisa memperbaiki diri. Ke depan, federasi sepakbola tertinggi di Tanah Air itu harus lebih maju, terutama dalam melakukan pembinaan pemain.

Terkait desakan mundur terhadap Nurdin, Riko -- sapaan akrabnya -- menyerahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan hal itu pada Kongres PSSI mendatang. Menurut dia, itulah sarana yang paling pas untuk mengakomodir semua pendapat tentang Nurdin.

"Ada tata caranya, kita bisa berdebat di situ dan mencari kandidat baru di situ," terangnya.

"Khusus untuk timnas, doa dari suporter tetap akan mengalir. Kita harapkan bisa main fight dan menang 5-0. Biasalah, jagoan biasanya kalah duluan," kata Riko saat ditanya soal harapannya terhadap Timnas.


0 Responses So Far:

Sob,boleh gak kalo gw minta komentar kalian?