Rommy Rafael Master Hipnotis vs Uya Emang Kuya


2 acara yang menampilkan seni dalam menghipnotis orang dengan dipandu oleh pembawa acara yang berbeda, yang satu sudah dapat dibilang paling master sedangkan yang satunya lagi dapat dibilang pendatang baru, namun dari acara tersebut manakah yang paling Anda suka (JoY HomeWork) ?

1. Rommy Rafael Master Hipnotis On The Street

Acara reality show yang ditayangkan oleh RCTI ini dipandu oleh sang master hipnotis Rommy Rafael. Acara yang dimana Rommy berkeliling-keliling mencari orang untuk dihipnotis.

Acara ini memang lucu, tapi bukan karena hostnya (Rommy) yang lucu tapi orang yang dihipnotis dikerjai habis-habisan tanpa sadar akan yang ia lakukan karena dikendalikan oleh Rommy.

Namun kelucuan tersebut dapat tergolong sadis atau bahkan terkadang melecehkan orang yang dihipnotis, contohnya pada suatu episode yang saya tonton acara ini. Saya melihat Rommy menghipnotis 2 orang sekawan.

Mereka berdua dihipnotis, salah satu orang tersebut disuruh menjadi koki yang memasak donat sedangkan yang satunya lagi menjadi wajan atau tempat membuat donat. Mulai dari tepung, telur, gula hingga alat pengocok adonan dihantamkan oleh orang yang dihipnotis menjadi koki tersebut ke kepala orang yang menjadi wajan.

Hantaman bahan-bahan kue tersebut dilayangkan di kepala orang yang menjadi wajan tersebut dalam posisi menunduk. Dapat dipastikan kepala orang itu akan sakit, kotor bahkan menjadi bau amis akibat telur yang dihantamkan ke kepalanya hingga telurnya pecah. Dan parahnya setelah aksi tersebut selesai Rommy menyuruh kedua orang tersebut menghitung 1 sampai 10, dan pada hitungan ke-10 mereka berdua harus bangun dengan sendirinya. Dan saat yang bersamaan Rommy pun kabur….Jelas….

Tak hanya aksi itu ada adegan dimana orang dihipnotis kemudian disuruh mandi di telepon umum, menjadi tembok yang lagi dicat, mencium sepatu orang lain, dan lain-lain. Banyak varian hipnotis yang ada di acara ini.

Ciri khas acara ini dimana Rommy menghipnotis orang lain adalah Rommy ingin membuktikan sesuatu pernyataan ilmu pengetahuan seperti dari indera manusia yang dapat dikendalikan, telepati antar manusia, memberanikan diri atas suatu trauma atau ketakutan dan lain-lain.

2. Uya Memang Kuya

Acara yang ditayang di STCV ini dipandu oleh Uya Kuya, Uya Kuya sendiri dapat dibilang baru dalam di dunia sulap, namun siapa bilang tidak menghibur. Dalam acara ini selalu ada adegan orang yang dihipnotis oleh Uya untuk diinterview dengan sejujur-jujurnya. Dengan dibantu oleh assitennya, 2 orang ini berkeliling untuk mencari orang yang hendak dihipnotis. Acara ini juga lucu karena memang hostnya bisa bikin ngakak plus ada tambahan balon-balon teks yang berisikan kata-kata lucu sepanjang acara.

Saat bagian hipnotis, Uya selalu menggunakan tissu yang kemudian ia bakar. Api yang dilihat oleh orang yang akan dihipnotis akan membuatnya tertidur setelah diberikan sugesti. Setelah orang tersebut tertidur, maka muncul kata sakti Uya “Bohong itu dosa”, dengan sugesti tersebut orang yang dihipnotis ini akan berkata sejujur-jujurnya saat nanti diinterview oleh Uya. Suatu saat saya menonton acara ini dimana Uya menghipnotis sepasang kekasih. Pertama yang wanita yang dihipnotis, kemudian baru yang pria giliran dihipnotis.

Dalam kendali Uya lewat hipnotis terkutak fakta bahwa pria ini menggunakan pelet atau ilmu hitam untuk memikat pacarnya, dimana sang wanita ini diguna-guna sehingga wajah kekasihnya ini serupa dengan artis idola, namun setelah Uya menyadarkan wanita tersebut lewat sugesti positifnya, wanita itu bingung mencari kekasihnya yang “hilang” walaupun kekasihnya itu ada disebelahnya, namun wanita tersebut menganggap pria yang tadinya kekasihnya adalah seorang penggemarnya yang ia tolak mentah-mentah dulu. Dan setelah itu pasangan ini pun putus hubungannya.

Banyak orang yang dihipnotis oleh Uya, mulai dari anak-anak, remaja hingga kakek-kakek. Hipnotis ala Uya ini memiliki beberapa nilai positif karena kisah-kisah yang diceritakan secara terang-terangan oleh orang yang dihipnotisnya, mulai dari masalah percintaan, ekonomi, kesedihan, dan lain-lain merupakan beberapa kejadian yang sering kita alami sehari-hari, dan setelah Uya menginterview orang tersebut Uya memberikan sugesti positif untuk menghadapi masalah yang dialami oleh orang tersebut. Dan 2 point ini dapat kita petik untuk dijadikan pelajaran yang bagus untuk kehidupan pemirsa yang lebih baik.

Dan kisah-kisah yang diceritakan oleh orang yang dihipnotis ini betul-betul mengumbar privasi orang yang dihipnotis, namun orang tersebut pun berhak memutuskan bahwa kisahnya itu dapat dipublikasikan atau tidak, setelah melihat rekaman saat ia dihipnotis. Jika ia setuju kisahnya ditayangkan, maka orang tersebut harus menandatangani surat pernyataan bermaterai untuk memastikan kisah itu dapat dipublikasikan atau tidak. Surat pernyataan ini sah secara hukum, jadi orang yang menandatanganinya tidak berhak menuntut pihak acara Uya Memang Kuya jika kisahnya dipublikasikan.

Jadi itulah reveiw kedua acara yang berbasiskan ilmu hipnotis yang dapat saya utarakan setelah menonton kedua acara tersebut. Manakah yang menurut Anda paling baik dan bermutu ? Itu tergantung selera Anda (JoY HomeWork).


0 Responses So Far:

Sob,boleh gak kalo gw minta komentar kalian?